Berita
Home / Berita
EFL akan menggunakan format ‘ABBA’ dalam ajang adu penalti.

Format ‘ABBA’ dalam ajang drama adu penalti akan digunakan dalam semua pertandingan di ajang kompetisi Liga Sepakbola Inggris (EFL) pada musim 2017-2018.

Setelah tendangan penalti pertama, setiap tim masing-masing akan mengambil tendangan  dalam upaya untuk mengurangi tekanan yang didapat mereka dari sekelilingnya kemudian mengambil tendangan kedua dalam ajang adu penalty selanjutnya.

Sistem ini telah digunakan sebelumnya dalam percobaan di beberapa turnamen Internasional oelh UEFA selama musim panas kali ini.

Dan itu juga akan diterapkan nanti dalam semua pertandingan di ajang Piala Carabao, Trofi Checkatrade dan babak Play-Off EFL.

Seperti sistem yang saat ini berlaku, tim bergiliran melakukan adu tendangan dalam ajang penalti, dengan pilihan siapa yang melakukan tendangan pertama kali ditentukan oleh lemparan koin.

Sebagai contoh, tim A melakukannya pertama kali, lalu kemudian tim B, kemudian tim A lagi.

Sistem baru ini nanti tendangan akan dilakukan oleh tim A dahulu diikuti kemudian oleh tim B – lalu dilakukan oleh tim B lagi. Tim A kemudian akan mendapat kesempatan melakukan dua tendangan penalti berturut-turut, sedikit mirip dengan saat tie-break dalam pertandingan tenis, dan seterusnya sampai ada yang menang.

Namun sebuah koin masih tetap akan dilempar untuk memutuskan siapa yang akan menendang lebih dulu.