Berita
Home / Berita
Apakah Paris St Germain mampu membeli Neymar seharga 199 juta Pounds?

Tim asal Ligue 1 Prancis yaitu Paris St Germain dilaporkan siap membayar sebesar 199 juta Pounds kepada Barcelona demi mendapatkan penyerang mereka Neymar.

Seratus Sembilan Puluh Sembilan Juta Poundsterling hanya bagi seorang pemain, resapi dengan baik angka tersebut yang sangat fenomenal.

Itu lebih besar dua kali lipat lebih dari pemegang rekor pemain termahal dunia saat ini sebesar 89 juta Pounds yang dibayarkan oleh Manchester United kepada Juventus saat mereka merekrut Paul Pogba dan hampir dua setengah kali lipat dari yang harus dibayarkan oleh Real Madrid ketika mereka mengontrak Cristiano Ronaldo pada tahun 2009.

Keduanya baik Manchester United dan Real Madrid memiliki perkiraan nilai klub hampir sebesar 3 miliar Pounds, berdasar laporan Forbes, jadi bukan hal yang tidak masuk akal jika mereka mampu membayar klausul pelepasan Neymar sebesar 222 juta Euro.

Tapi bagaimana PSG, yang bukan merupakan 10 klub terkaya di dunia, sanggup menghabiskan hampir sepertiga dari nilai klub mereka hanya pada satu pemain?

Apakah 199 juta Pounds itu akan dibayarkan sekali bayar? Secara tunai? Atau dicicil? Atau dengan embel-embel lainnya?

Ahli Keuangan dalam dunia sepak bola Dr. Rob Wilson dari Sheffield Hallam University memiliki pemahaman bagaimana mereka akan mencapai kesepakatan itu.

“Mari berasumsi bahwa PSG akan membayar 200 juta Pounds bagi Neymar dan dia akan menandatangani kontrak selama 10 tahun – berarti mereka akan membayar sebesar 20 juta Pounds kepada Barcelona setiap tahunnya. Tentu saja klub penjual harus menyetujui jangka waktu tersebut”.

“Anda berharap akan ada pembayaran dimuka yang dianggap layak hampir menyamai nilai kontrak. Saat Cristiano Ronaldo datang ke Real Madrid dari Manchester United dengan nilai 80 juta Pounds, klub Inggris tersebut menuntut agar biaya itu dibayarkan secara penuh sebelum proses itu diizinkan.”

“Mengenai Neymar, saya pikir anda akan melihat pembayaran dimuka yang dilakukan bertahap – katakanlah 100 juta Pounds- dan beberapa pembayaran kemudian agar membuat keuangan klub tetap seimbang.”